Connect with us

Berita Bola

Hasil Pertandingan Liga Europa AS Roma vs Bayer Leverkusen 12 Mei 2023

Hasil Pertandingan Liga Europa AS Roma vs Bayer Leverkusen

tebakskor889 – Hasil Pertandingan Liga Europa AS Roma memanfaatkan hal tersebut dengan memainkan leg pertama semifinal Liga Europa 2022/2023 di kandang sendiri. The Yellows menang tipis 1-0 atas Bayer Leverkusen di Stadio Olimpico, Jumat (5/12/2023) WIB.

Satu-satunya gol Roma dicetak oleh Edoardo Bove pada menit ke-62. Pemain muda ini memanfaatkan tembakan Tammy Abraham yang ditepis kiper Lukas Hradecky.

Pertandingan ini sendiri bisa dibilang minim peluang. Kedua tim berusaha menyerang, namun proses membangun serangan tidak sempurna sehingga sering terhenti.

Namun hasil ini penting bagi Roma yang melakoni leg kedua di kandang melawan Leverkusen. Setidaknya kini Roma bisa berharap bisa menjaga keunggulan untuk bisa mengakses fase akhir.

Hasil AS Roma vs Bayer Leverkusen di Leg I Semifinal Liga Eropa 2022-2023:  Giallorossi Menang 1-0! : Okezone Bola

Ronde pertama – Hasil Pertandingan Liga Europa

Leverkusen mengambil inisiatif serangan sejak awal pertandingan. Tim tamu bisa mencetak gol di menit ke-7 jika tembakan Wirtz dari area terbuka tidak melenceng.

Setelah 10 menit, Roma mulai menguasai permainan. Masalahnya, serangan Roma tidak terorganisir dengan baik. Banyak umpan dan gerakan yang mudah dibaca untuk lawan.

Peluang terbaik Roma datang dari situasi tendangan bebas pada menit ke-19. Ibanez menyundul bola Pellegrini dengan sempurna. Tapi kiper Hradecky melakukan penyelamatan luar biasa.

Tidak ada lagi peluang berbahaya dari kedua tim setelah itu. Babak pertama berakhir dengan poin.

Babak kedua
Roma mulai merasa nyaman dalam mengontrol permainan setelah jeda antar babak. Masih ada kendala di babak pertama yaitu sulitnya menciptakan serangan dalam tebak skor.

Untunglah kebuntuan itu terpecahkan pada menit ke-62. Edoardo Bove telah muncul sebagai penyelamat. Dia mencetak gol setelah bola yang didorong Hradecky untuk menyambut tembakan kuat Tammy dari dalam kotak.

Uji coba serupa dilakukan pada menit ke-67. Tembakan Andrea Belotti dari sudut sempit diblok oleh Hradecky. Boo langsung mendapatkan rebound tapi kali ini dia terbang menjauh.

Leverkusen nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-87. Semuanya berawal saat terjadi miskomunikasi antara kiper Patricio dan Ibanez untuk memblok umpan silang di area penalti. Bola lepas ditangkap oleh Jeremie Frimpong. Beruntung tembakannya kembali membentur tubuh salah satu pemain Roma.

Lorenzo Pellegrini menjadi pemain dengan performa terbaik pada pertandingan Roma-Bayer Leverkusen. Meski tidak mencetak gol dalam kemenangan Roma, dia adalah dalang permainan di lini tengah.

Roma menutup leg pertama Liga Europa 2022/2023 dengan kemenangan tipis. Anak asuh Jose Mourinho menang 1-0 atas Leverkusen di Stadio Olimpico, Jumat (5/12/2023) WIB.

Edoardo Bove menjadi satu-satunya pencetak gol di pertandingan ini. Pemain berusia 20 tahun itu mencetak gol pada menit ke-62.

Meski menang tipis, Roma sebenarnya punya sejumlah peluang lain yang tak berbuah gol. Dan sebagian besar peluang tersebut datang dari kreasi Pellegrini.

Sebagian besar kreasi acak

Satu hal yang paling menonjol dari Piliarah Perjuangan adalah banyaknya peluang yang tercipta. Dia menciptakan tiga peluang, lebih banyak dari pemain lain.

Kemampuannya menciptakan peluang diimbangi oleh gandum hitam yang mahal. Mulai dari situasi permainan terbuka dari tengah atau dari samping, bisa juga dari tendangan bebas.

Salah satu peluang Roma di menit ke-19 datang dari tendangan bebas Pellegrini. Umpan silangnya mendarat mulus di kepala Roger Ibanez, namun kiper Hradecky langsung melakukan penyelamatan gemilang.

Laga menarik tersaji di Stadio Olimpico, Jumat (5/12/2023) WIB. Satu-satunya gol Edoardo Bove (62) membuat perbedaan signifikan dalam pertarungan taktis antara Jose Mourinho dan Xabi Alonso.

Dalam pertemuan pertama itu, tim asuhan Mourinho tampil sebagai pemenang. AS Roma menang tipis 1-0 atas Bayer Leverkusen pada leg pertama semifinal Liga Europa 2022/2023.

Mourinho yang jauh lebih berpengalaman dari Xabi membuat pertandingan ini berjalan sesuai keinginan The Special One. *Bibi senang dengan perubahan strategi yang menghasilkan penalti.

Ini semakin menggarisbawahi bahwa tim asuhan Mourinho tidak perlu bermain bagus. Bagi Roma cukup mencuri gol dan tidak kebobolan untuk memenangkan pertandingan di lapak303.

Permainan ini sendiri bisa dikatakan minim peluang berbahaya. Padahal jumlah serangan Roma dan Leverkusen sudah mencapai sepuluh kali lipat.

Pasalnya, strategi yang ditempuh Mourinho dan Xabi ternyata serupa. Setiap manajer mendorong banyak pemain ke dalam kotak saat mereka tidak menguasai bola.

Alhasil, hanya tiga peluang yang tercipta di babak pertama. Dua adalah setengah peluang dan salah satu peluang terbaik, tapi itu datang dari tendangan bebas.

Keuntungan Roma
Kedua pelatih dengan keras kepala memainkan strategi reaktif, menutup babak pertama dengan skor 0-0. Bagi Roma, ini sudah menjadi kebiasaan mereka.

Roma selesai tanpa gol di babak pertama dalam sembilan dari 13 pertandingan Liga Europa terakhir mereka. Jadi jelas hasil ini tidak mengejutkan.

Namun, sepuluh pertandingan Roma juga memiliki pertandingan Liga Europa yang mencegah lawan mereka mencetak gol di babak pertama.

Taktik tukar harga tinggi

Xabi memang tidak bisa mengubah strategi yang diterapkannya sejak awal. Hanya saja, Xabi terpancing untuk mencetak gol lebih dulu lewat sangkar lawan.

Akibatnya, dia harus membayar mahal untuk perubahan taktik ini. Permainan terbuka dan garis pertahanan yang lebih tinggi memaksa Leverkusen kebobolan lebih dulu.

Tak hanya sekali, bahkan dua kali dalam waktu kurang dari lima menit Roma menciptakan peluang. Beruntung peluang kedua tidak dimanfaatkan dengan baik hingga menjadi gol kedua.

Sapi yang bersinar
Bove yang mencetak gol dalam pertandingan ini baru berusia 20 tahun. Itu adalah pertandingan spesial karena ini adalah pertama kalinya dia menjadi starter di kompetisi Eropa.

Nah merek ini bagus. Gol yang menjamin kemenangan tipis bagi Roma.

Selanjutnya, Bove menjadi pemain Roma termuda yang mencetak gol di kompetisi Eropa. Dia baru berusia 20 tahun dan 360 hari.

Roma masih mendapatkan kita
Bukan rahasia lagi bahwa Roma akan bermain dalam pertahanan total jauh dari rumah. Ini sudah menjadi praktik umum bagi Mourinho di mana pun dia berlatih.

Roma beruntung di leg pertama, memenangkan gol. Leverkusen harus bisa melakukan segalanya untuk bisa pulih dari defisit kecil ini.

Roma pun diuntungkan dengan kemenangan tipis di leg pertama. Pasalnya, Leverkusen kemungkinan besar akan tampil tanpa dua pemain terbaiknya, Karim Bellarabi dan Robert Andrich karena cedera.

Statistik Lorenzo Pellegrini

Menit Bermain: 90
Akurasi umpan: 23/29 (79%)
Kreasi peluang: 3
Kreasi peluang emas: 1
Sentuhan: 49
Akurasi umpan silang: 2/4 (50%)
Tekel sukses: 3/5 (60%)
Pemulihan: 6
Menang duel darat: 7/11 (64%)

Susunan Pemain

AS Roma (3-4-1-2): Rui Patricio; Gianluca Mancini, Bryan Cristante, Roger Ibanez; Zeki Celik, Edoardo Bove (Gregorio Wijnaldum 76′), Nemanja Matic, Leonardo Spinazzola; Lorenzo Pellegrini; Andrea Belotti (Paulo Dybala 76′), Tammy Abraham.
Pelatih: Jose Mourinho

Bayer Leverkusen (4-3-3): Lukas Hradecky; Odilon Kossounou (Mitchel Bakker 36′), Edmond Tapsoba, Jonathan Tah, Jeremie Frimpong; Robert Andrich, Exequiel Palacios, Piero Hincapie; Moussa Diaby (Amine Adli 72′), Adam Hlozek (Sardar Azmoun 72′), Florian Wirtz.
Pelatih: Xabi Alonso

More in Berita Bola